Tip Microsoft Office

PCMEDIA Tips & Tricks Microsoft Office 2007

Tips Singkat Mem-backup Email Di Microsoft Outlook 2007

Mungkin karena suatu masalah, kita perlu melakukan back-up e-mail. Salah satu alasan mem-back-up e-mail adalah ketika Kita ingin meng-install ulang Windows atau mengantisipasi komputer yang tiba-tiba tidak dapat bekerja atau hang.

Untuk melakukan tindakan preventif, ikuti langkah berikut:

1. Buka Microsoft Outlook.
2. Klik menu [File], lalu klik [Import and Export…].
3. Pada kotak dialog Import and Export Wizard pilih [Export to a file] lalu klik [Next].
4. Pilih [Personal Folder File (.pst)], lalu klik [Next].
5. Pilih folder yang ingin Anda back-up. Jika Anda ingin mem-back-up semua folder, pilih Personal Folder dan tandai checkbox Include Subfolders, lalu klik [Next].
6. Tentukan nama file dan folder tempat hasil back-up akan disimpan, lalu klik [Finish].
7. Jika Anda ingin agar file hasil back-up Anda aman atau e-mail yang akan Anda back-up merupakan e-mail penting, berikanlah password pada file tersebut. Jangan lupa untuk memilih opsi [Compressibe Encryption], lalu klik [OK].

Nah, jika suatu hari nanti kita membutuhkan kembali e-mail yang telah di-back-up ke Microsoft Outlook, kita dapat mencoba langkah berikut:

1 Jalankan Microsoft Outlook.
2 Klik menu [File], lalu klik [Import and Export…].
3 Pada kotak dialog Import and Export Wizard pilih [Import from another program or file] lalu klik [Next].
4 Pilih [Personal Folder File (.pst)], lalu klik [Next].
5 Tentukan nama file dan folder tempat file back-up Anda disimpan, lalu klik [Next].
6 Tentukan di folder mana Anda akan meletakkan file hasil impor tersebut, lalu klik [Finish]. Selamat mencoba !

pic1

Tips dari Dani R. Taufani [danzgreyta@xxxxxx.xxx]***

Selesai.

Mengubah Font Default

Pada MS Word 2007, user bisa mengubah font default. Untuk mengubah font default cukup mudah.
1. Buka MS Word 2007
2. Pastikan Home tab terpilih
3. Buka dialog font yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
4. Selama dialog box tadi terbuka, ubahlah default properties yang diinginkan. Tekan tombol default bila kamu menyetujuinya.

pic1

Tips dari Festina fiviyanti [festinaxxxxx@xxxxx.com]*****

Selesai.

Tips Microsoft Groove 2007 : Berbagi Appointment Dengan Rekan Anda

Dalam pekerjaan sehari-hari, tentu kita sering membuat appointment dengan client atau rekan kerja. Kalau dengan cara biasa kita hanya mencatat appointment itu di catatan kita sendiri. Kita tidak tahu apakah rekan-rekan yang terlibat dengan appointment itu juga mencatat di dalam catatan mereka. Sehingga bisa saja rekan kita terlupa dengan appointment yang telah kita catat sebelumnya.

Dengan fitur Microsoft Groove 2007, kita dapat membuat appointment yang tidak hanya tercatat di account kita sendiri, tetapi juga tercatat di account rekan-rekan yang terlibat dalam appointment itu. Dengan demikian setiap orang yang terlibat dalam appointment tersebut secara otomatis akan mendapat reminder untuk menghadiri appointment yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Cara membuatnya mudah sekali.

1. Setelah workspace Groove Anda terbuka, di panel Common Task klik Add Tools hingga muncul kotak dialog More Tools kemudian centang Calendar lalu klik OK seperti gambar dibawah ini :

More Tools

2. Setelah OK diklik akan muncul kotak dialog Calendar seperti gambar dibawah ini :

Calendar

3. Untuk membuat Appoitment yang baru klik pada kolom tanggal yang ingin kita beri Appoitment lalu klik tombol New Appoitment kemudian pada kotak dialog Add Appoitment isikan judul pada kotak Subject, misalnya : Rapat Harian. Kemudian kita bisa atur jadwal kapan dimulai dan berakhirnya. Setelah selesai klik tombol OK, seperti gambar dibawah ini :

Add Appointment

4. Setelah itu lembar kerja Appoitment telah selesai, seperti gambar dibawah ini :

Workspace - Calendar

5. Selain kita bisa membuat Appoitment baru ,kita juga dapat membuat Link sebagai catatan kerja kita, misalkan pada lembar kerja. Pertama-tama, aktifkan jendela Notepad dengan cara klik Add Tools pada panel Common Task lalu centang Notepad kemudian OK, maka akan tampil tab Notepad di Bottom Toolbar. Lalu klik New Note lalu klik kanan pilih paste seperti gambar dibawah ini :

Notepad

6. Untuk melihatnya kita bisa klik linknya dan akan muncul di Appointment yang kita buat pada tanggal 28 December 2009 seperti tampilan dibawah ini :

7. Untuk mengirim ke account yang lain dapat dilakukan dengan cara pilih menu Options » Send Message seperti tampilan di bawah ini :

Send Message

8. Pada kotak “To” pilih account yang ingin kita kirimkan Appointment, pada kotak “Message” klik kanan dan pilih paste » send

Send Message

9. Pada waktu pengiriman, di atas traybar (pojok kanan bawah layar) akan terlihat notifikasi seperti gambar di bawah ini :

Notifications

10. Rekan Rony Hidayat akan mendapatkan notifikasi di komputernya, dan apabila membaca pesan yang dikirim lalu mengklik linknya, maka secara otomatis, pada Calendar Groovenya akan tercatat jadwal meeting yang telah dibuat tadi. Nantinya apabila jadwal meeting tersebut telah sampai, secara otomatis rekan Rony Hidayat (dan semua rekan yang dikirimkan Message) akan mendapatkan reminder untuk menghadiri meeting tersebut.

Selesai.


Berani Tampil Beda OneNote Anda!

OneNote anda perlu dipercantik, sehingga menarik dan mudah mencari informasi yang anda kumpulkan disana. Caranya mudah, gunakan saja Canvas for OneNote. Perangkat ini menyediakan perangkat bantu untuk mengelola dan mengedit notebook di OneNote dengan tampilan yang modern dan dinamis. Anda dapat melihat semua section dan isinya dengan mudah melalui fungsi Zoom In dan Zoom Out dan juga fungsi geser dengan mouse. Atur section OneNote anda dengan merubah penempatan, ukuran dan warna sehingga anda mudah mencari informasi yang ada di OneNote Anda. Mau mencobanya? Unduh disini!

Selesai.


Mengatur Default Template Pada OneNote 2007

Pada dasarnya OneNote menyediakan lembaran kosong ketika kita membuat catatan baru. Agar lebih cantik kadang kita menyisipkan gambar atau memberi gambar background dalam lembar catatan tersebut. Apabila setiap kali membuat catatan kita selalu melakukan hal-hal tersebut, maka pekerjaan menjadi merepotkan. Seperti produk-produk Office lainnya, OneNote juga menyediakan template. Dan
template ini bisa kita jadikan Default Template untuk setiap lembar catatan baru. Artinya kita dapat men-design lembar catatan sesuai keinginan atau juga memilih template yang sudah disediakan OneNote untuk dijadikan lembar default pada saat membuat catatan baru.

Caranya yaitu: Pilih menu Format > Templates… Maka akan muncul Task Pane Templates. Ubah Choose default template yang telah disediakan sesuai keinginan anda atau template yang telah anda design sendiri. Untuk menyimpan template hasil design anda pilih Save current page as a template, beri nama dan beri tanda centang Set as default template for new pages in the current section untuk menjadikannya sebagai Default Template. Catatan: Tips ini tidak merubah template setiap section, hanya section yang sedang anda buka saja yang akan berubah.

Tips dari Ade [adepxxxxxx@xxxxx.com]

Selesai.


Membuat Prioritas dengan Tags

Tags berguna untuk membantu dan menemukan apa yang hal yang terpenting dalam Note anda (seperti ide atau rencana). Untuk mengatur tingkat prioritasnya dan dengan mudah anda bisa menemukannya, anda bisa membuatnya dalam Tags sesuai dengan yang anda inginkan, caranya:
1. Klik bagian isi note yang anda ingin buat tag.
2. Pada menu Insert > klik Tags.
3. Kemudian pilih daftar dari Tags yang anda inginkan.

Tips dari Tim VideoBelajar.Com

Selesai.


Tampilan Presentasi Modern dengan pptPlex

Keberhasilan sebuah presentasi dilihat dari beberapa hal seperti isi presentasi, teknik penyampaian, struktur presentasi dan kualitas tampilan presentasi. Dengan Microsoft PowerPoint 2007 semua perangkat pendukung tersedia dan mudah digunakan sehingga presentasi anda bisa berhasil dan sukses. Selain itu terdapat banyak perangkat tambahan yang bisa anda gunakan untuk menciptakan tampilan presentasi yang bagus dan modern. Banyak orang akan terkesima dengan kualitas tampilan presentasi anda, jika menggunakan perangkat tambahan ini, yang disebut pptPlex. Silahkan unduh disini, dan segera dapatkan decak kagum dari para peserta presentasi anda.

Bekerja di MS-Excel 2007 Seperti Lingkungan Kerja MS-Word 2007

Klik icon Page Layout yang terletak pada pojok kanan bawah MS-Excel 2007, yang berada di posisi tengah. Kini tampilan lembar kerja berupa halaman-halaman yang sudah tertata dengan rapi. Dengan modus seperti ini, akan mempermudah pengetikan data yang berorientasi pada pencetakan hasil akhirnya. Urutan halaman standar adalah dari atas ke bawah baru ke samping kanan. Untuk mengembalikan ke modus pengetikan excel biasa, klik icon normal layout yang paling kiri.

menu excel

Tips dari Yudhis [gyudxxxxxxx@gxxxx.com]*

Membuat Diagram SmartArt

Untuk membuat presentasi yang memiliki kualitas profesional yang dilengkapi dengan gambar dan diagram yang apik. Anda tidak perlu membuang waktu berjam-jam untuk mendesain diagram pada Microsoft PowerPoint 2007, gunakan Microsoft SmartArt Graphics caranya:
1. Pada tab Insert, klik SmartArt.
2. Pada daftar kategori diagram, pilih diagram yang sesuai untuk presentasi anda.
3. Pada bagian Type your text here, ketikkan keterangan dari diagram presentasi anda.
4. Untuk mempercantik diagram, klik tab Design, dan pilih warna dan style dari galleri yang tersedia untuk membuat diagram anda kelihatan lebih bagus.

smartart

Tips dari Tim VideoBelajar.Com

Cara Mudah Kerja Rame-Rame

Selama ini kalau mau kerja rame-rame apalagi lokasi kerja yang berbeda cukup merepotkan. Kita mesti mengerjakan sebuah dokumen, simpan kemudian kirim dalam sebuah attachment melalui email. Lalu rekan kita yang lain mengecek isi dokumen, merubah lalu kirim lagi dalam attachment di email.
Ternyata ada cara mudah mengelola pekerjaan seperti itu. Anda tinggal pilih sebuah lokasi kerja online, share dan atur tim kerja Anda, semua anggota tim bisa mengedit dokumen itu, tanpa perlu repot kirim email dan telepon. Fasilitas kolaborasi kerja rame-rame sudah tersedia dengan apik dan lengkap, dan semuanya ini tanpa berbayar. Mau coba? Kunjungi disini.

http://www.officeliveworkspaces.com/

Microsoft Office 2007 Comic Series

  • Menampilkan Nama Hari Di Sebelah Kolom Tanggal Pada Microsoft Excel 2007

Untuk membuat kolom nama hari kerja di samping kolom tanggal di Microsoft Excel,

ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buat kolom tanggal pada sel A2:A10
  2. Sorot sel B2:B10
  3. Ketik di Formula Excel “=”, pilih sel A2, lalu tekan “Ctrl + Enter”
  4. Kemudian klik kanan pada sorotan kolom tersebut, pilih Format Cells
  5. Kemudian pilih kategori Custom dan ketik pada input type-nya “dddd”,
  6. lalu tekan OK

Tips dari Rochiji Ono [ajiono_yes72@xxxxxx.xxx] *

Microsoft Office Word 2007

  • Cara Cepat Mengetahui Banyaknya Baris dan Kata Yang Telah Anda Ketik

Klik kanan status bar, kemudian pilih sebuah parameter. Microsoft Office Word akan dapat menampilkan hasilnya pada anda, misalnya, rincian baris atau jumlah kata yang diketik. Informasi ini berguna bila Anda menulis sebuah dokumen yang harus mempunyai panjang karakter/kata yang tetap.

  • Menampilkan Fitur Menu Pada jendela Outlook dengan Mengganti View Anda.

Anda dapat mengganti View setting atau pengaturan tampilan untuk memunculkan fitur-fitur menu yang lebih banyak lagi pada jendel atau layar kerja anda. Di dalam Microsoft Office Outlook, klik tab menu View, Klik Navigation Pane, kemudian klik Minimized. Maka anda akan mendapatkan tampilan yang lain dari Outlook anda.

  • Membuat Catatan

Membuat Catatan Penting di Microsoft Office OneNote 2007 sangat mudah, klik saja sebuah halaman lalu anda buat catatan di sana. Tidak seperti Microsoft Word, anda dapat mengklik dimana saja untuk membuat sebuah catatan dalam sebuah “container”. Anda dapat dengan mudah mengorganisasi ulang catatan-catatan yang telah anda buat, mendragnya, menggabungkannya dengan catatan lain ataupun menghapusnya.

  • Menyelesaikan Soal Matematika Langsung dari Word?

Kini ada cara mudah untuk membuat berbagai rumus matematika di Word 2007, Anda tidak perlu pusing lagi untuk membuatnya dalam dokumen Word anda, tanpa perlu membuka perangkat lunak bantu lain.Adapun langkah-langkah untuk membuat rumus adalah:1. Download dahulu Adds in Math, dari sini. Kemudian install Adds In Math di komputer anda.

2. Buka Microsoft Word 2007, pilih Adds In lalu pilih Math.

3. Lalu kerjakan pembuatan rumus yang anda inginkan.

Rumus Matematika

MS-Word 2007 juga dapat mengerjakan hitungan rumus sendiri, langkahnya:

1. Misalkan anda memiliki rumus seperti berikut (buat rumus seperti langkah di atas):

Rumus

2. Kemudian anda ingin mencari nilai x, klik kanan di rumus lalu pilih “solve for x”.

solve for x

3. Kemudian akan muncul nilai hasil x.

Nilai x

4. Lalu anda ingin mengetahui nilai y, klik kanan di rumus lalu pilih “solve for y”, dan hasilnya seperti di bawah ini.

Nilai y

5. Anda juga bisa melihat rentang nilai x dan y dalam 2 dimensi, caranya klik kanan di rumus, kemudian pilih “plot in 2D”.

membuat tampilan 2D

6. Hasil dari tampilan di atas dalam bentuk 2D seperti ini.

Tampilan 2D

7. Untuk membuat dalam 3D, anda klik kanan di rumus, lalu pilih “Plot both sides in 3D” . Kemudian hasilnya seperti di bawah ini.

Tampilan 3D

Microsoft Office 2007

  • Menyimpan Dokumen Lama ke Dokumen Baru MS-Word 2007

Bila anda sudah berpindah ke MS- Word 2007, maka banyak sekali fitur yang
bisa digunakan. Untuk dokumen yang telah dibuat pada Word 2007 tentu saja  sudah kompatible dengan semua fitur terbaru, tapi MS-Word 2007 juga menyediakan  fitur untk menyimpan dokumen Word dari yang lama ke format baru, caranya:

1. Buka Dokumen lama (versi 2003) di MS-Word 2007.

2. Klik tombol Office, lalu pilih Convert.

3. Klik OK bila box konfirmasi tampil.

4. Save dokumen dengan mengklik tombol Office dan pilih save.

Tips dari Thitha Meista [thithaxxxxx@xxxxx.xxx]


  • Amankan Data Anda!

backup outlook


Apakah Anda pernah kehilangan data di e-mail? Suatu musibah besar jika terjadi hal itu, banyak orang yang setuju, email adalah Asset Berharga yang harus dijaga. Untuk itu segera backup otomatis e-mail secara regular dengan Outlook 2007 Personal Folder Backup Add-in tanpa bayar. Unduh di sini. Dengan tools ini e-mail yang menggunakan Outlook selalu ter-backup dengan baik.

  • Sembunyikan dan Lindungi Rumus di Cell Excel

1. Reset nilai locked dan hidden pada semua cell
Yang harus dilakukan untuk menerapkan langkah pertama ini adalah dengan mengklik kotak kosong yang terletak diantara kolom A dan baris 1. Hal ini pada gambar seperti terlihat pada lingkaran berwarna biru. Setelah semua cell terseleksi, selanjutnya pilih menu Format > Format Cells. Pada window Format Cells, pilihlah tab Protection, kemudian hilangkan centang pada kotak yang berjudul Locked dan Hidden.

2. Memilih cell yang ingin di hidden dan di locked
Karena pada soal yang ingin dihidden dan dilocked adalah cell D4 maka pilihlah cell D4 tersebut. Setelah itu, pilih lagi menu Format > Format Cells. Pada window Format Cells, pilih tab Protection, dan centang kotak berjudul Locked and Hidden.

3. Mulai hidden dan protection

Langkah ini merupakan langkah terakhir dan untuk melakukan hal ini, yang harus dilakukan adalah dengan memilih menu Format – Protect Sheet. Pada window Protect Sheet, centanglah kotak berjudul Format Cells. Agar lebih aman berilah password pada kotak isian password to unprotect sheet.

Rumus Excel

Tips dari Festina fiviyanti [festinaxxxxx@xxxxx.com]**

  • Cara Cepat Mengedit Dokumen
Untuk menghemat waktu mengedit pekerjaan di Microsoft Word 2007, anda bisa gunakan shortcut SHIFT+F5, cara penggunaannya mudah sekali, misalkan anda sedang bekerja di halaman 2 di alinea ke 3, kemudian anda ingin memperbaiki dokumen di halaman 12 dan anda menuju kesana dan memperbaiki dokumennya. Setelah itu anda ingin kembali ke halaman 2 alinea 3, tidak perlu scroll ke atas, yang mudah dilakukan tekan saja tombol SHIFT+F5. Selamat menggunakan.Tips dari Tim VideoBelajar.Com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: